rss

15 October, 2009

Lomba Desain dan Nama Tugu Gempa Berhadiah Rp. 25 Juta

Walikota Padang, Sumbar, Fauzi Bahar mengatakan, pemerintah daerah setempat akan melombakan pembuatan desain satu unit tugu gempa sekaligus nama tugu tersebut. Pemenangnya akan diberi Rp25 juta sebagai hadiah.

"Tugu tersebut dibangun sebagai sebuah monumen bersejarah bagi masyarakat Kota Padang. Sebanyak 319 korban gempa yang mati syahid akan ditulis dengan tinta emas di dinding tugu itu," kata Fauzi Bahar di Padang, Kamis.

Fauzi menjelaskan, nama-nama para korban gempa ditulis di tugu itu guna mengobati kesedihan para keluarga yang ditinggalkan oleh anak, isteri, suami, atau cucu mereka.

Keberadaan tugu itu sekaligus sebagai kenangan bagi generasi mendatang, bahwa di kota itu pernah terjadi gempa dengan guncangan kuat yang mengakibatkan ratusan korban jiwa dan ribuan bangunan rusak berat, sedang, dan ringan.

"Gempa yang sama pada 200 tahun lalu pernah terjadi dan generasi sekarang tidak bisa mengetahuinya karena catatan sejarahnya tidak ada, kecuali catatan dari pemerintah Kolonial Belanda dari pemerintah Kolonial Belanda," katanya.

Untuk lokasi pembangunan tugu itu, kata Fauzi, akan dicadangkan tiga lokasi, yakni di depan Hotel Ambacang, tempat terdapat banyak korban gempa, atau di pojok Taman Melati atau di depan masjid Nurul Iman.

sumber

No comments:

Info Menarik

There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

Chat


ShoutMix chat widget
 

Masukkan Code ini K1-BB4EB6-4
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Produk SMART Telecom

Info Menarik

hafidz blog